Sumber Belajar

KONSEP PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK

Leave a comment

Kurikulum 2013 pada Sekolah Dasar (SD) menggunakan pendekatan pembelajaran tematik integratif dari kelas I sampai kelas VI. Pembelajaran tematik integratif merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema.Pengintegrasian tersebut dilakukan dalam dua hal, yaitu integrasi sikap, keterampilan danpengetahuan dalam proses pembelajaran dan integrasi berbagai konsep dasar yang berkaitan.

Organisasi kompetensi dasar dilakukan melalui pendekatan terintegrasi. Berdasarkan pendekatan ini maka terjadi reorganisasi Kompetensi Dasar mata pelajaran yang mengintegrasikan konten mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas I, II, dan III ke dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Peserta didik tidak diharapkan belajar konsep dasar secara parsial. namun pembelajarannya harus memberikan makna yang utuh kepada peserta didik seperti tercermin pada berbagai tema yang tersedia. Dalam pembelajaran tematik integratif, tema yang dipilih berkenaan dengan alam dan kehidupan manusia. Untuk kelas I, II, dan III, keduanya merupakan pemberi makna yang substansial terhadap mata pelajaran PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Seni-Budaya dan Prakarya, serta Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Di sinilah Kompetensi Dasar dari IPA dan IPS yang diorganisasikan ke mata pelajaran lain memiliki peran penting sebagai pengikat dan pengembang Kompetensi Dasar mata pelajaran lainnya.

Guru masih mengalami kendala mengajar dengan pendekatan  pembelajaran tematik.  Kurikulum sebelumnya yaitu KTSP konsep pembelajaran tematik hanya diterapkan pada kelas bawah yaitu kelas 1-3. Oleh karena itu guru kelas 4 kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran tematik karena minimnya media yang menyajikan materi tentang pembelajaran tematik secara lengkap. Konsep rancang bangun pengembangan multimedia pembelajaran tematik adalah sebagai berikut:

 

 

Judul :Multimedia Presentasi Pembelajaran Tematik
Tema : Berbagai Pekerjaan,  (dipih satu  sub tema)
Audiens : Siswa SD kelas IV
Durasi : 15 menit/pertemuan
Gambar : menggunakan format file .jpg dan .gif dari internet dan dibuat sendiri
Audio : music dan lagu anak-anak
Video : menggunakan video format flv, mpeg dibuat  sendiri maupun dari internet atau sumber lain.
Animasi : menggunakan animasi dibuat sendiri menggunakan swishmax, internet maupun sumber lain.
Menggunakan Interaktif

 

 

Software

: Terdapat pilihan menu yang saling terkait antara menu satu dengan yang lainnya

: Powerpoint dan atau SwishMax

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s